LIVE STREAMING

NOW PLAYING:
-

LIFESTYLE


Merencanakan Liburan Akhir Tahun Hemat & Berkesan

 

21 November 2016

Merencanakan Liburan Akhir Tahun

Saat akhir tahun, orang-orang akan memiliki rencana untuk berlibur. Mereka akan menyusun agenda liburan beserta tempat dan kegiatan yang akan dilakukan pada dua bulan atau tiga bulan sebelumnya untuk melakukan liburan ini. 

 

Pada dasarnya, liburan adalah saat di mana seseorang dapat menggunakan waktunya untuk lebih dekat dengan keluarga atau teman terdekat. Liburan seharusnya menghasilkan kepuasan dan rasa senang, apalagi jika sebagian orang menganggap liburan akhir tahun adalah suatu keharusan.

 

Atur Budget Liburan Akhir Tahun

Apakah Anda juga telah memiliki rencana liburan akhir tahun? Sudahkah Anda mengatur budget liburan akhir tahun? Berikut ini lima tips mengatur budget liburan akhir tahun agar Anda dapat mengaturnya lebih efisien:

 

1. Buat Rencana

Sebelum Anda pergi liburan akhir tahun, sebaiknya buatlah rencana liburan. Rencana yang Anda buat bisa berdasarkan anggaran biaya, tujuan wisata, dan banyak waktu yang Anda miliki. Rencana ini akan membantu Anda menghabiskan liburan secara efisien.

 

Cobalah membuat rencana untuk pergi ke tempat wisata yang lokasinya tidak jauh dari rumah Anda. Dari sisi biaya dan lokasi tentu lebih baik, karena lebih murah dan dekat, sehingga menghemat waktu liburan akhir tahun Anda.

 

Tapi, jika Anda tetap berencana untuk berlibur ke lokasi wisata yang jauh, maka sebaiknya pesan tiket transportasi dan hotel dari jauh hari karena harganya akan lebih murah. Jadi, Anda bisa menghemat budget dan mengaturnya sebaik mungkin.

 

2. Mencari Promo

Mencari promo merupakan salah satu tips mengatur budget liburan akhir tahun agar lebih hemat. Carilah berbagai promo tiket transportasi, hotel yang murah, serta promo tiket tempat wisata di internet.

 

Anda juga disarankan untuk membandingkan harganya terlebih dahulu dari satu situs ke situs lainnya sebelum memutuskan untuk booking. Cari promo liburan akhir tahun termurah yang banyak tersebar di situs travel agents.

 

Jangan lupa baca rekomendasi tempat wisata dan hotel murah dari orang lain. Setelah mendapatkan harga promo yang murah, rekomendasi ini akan membantu Anda untuk menentukan tujuan terbaik untuk liburan Anda sekeluarga.

 

3. Bayar dengan Uang Tunai

Saat liburan akhir tahun, sebagian orang seringkali memilih berbelanja praktis dengan kartu kredit. Bagi Anda yang ingin menghemat dan mengatur budget liburan lebih baik, sebaiknya gunakanlah uang tunai begitu tiba di tempat tujuan.

 

Apabila Anda terbiasa menggunakan kartu kredit saat liburan, tagihan Anda akan membesar dan tidak bisa mengontrol anggaran. Disarankan untuk menggunakan uang tunai dan alokasikan sesuai kebutuhan Anda saat liburan akhir tahun.

 

4. Gunakan Voucher

Saat ini, kebanyakan tempat makan dan tempat wisata mengeluarkan voucher atau gift card. Kedua benda ajaib ini dapat diberikan sebagai hadiah kepada kerabat ataupun sahabat, bisa juga dipakai untuk keperluan individu.

 

Penggunaan voucher dan gift cards ini ternyata dapat menghemat budget liburan akhir tahun Anda! Misalnya saja, Anda membeli voucher dengan harga promo, kemudian Anda dapat memakai voucher ini kembali untuk liburan, yang tentu saja akan menghemat budget Anda.

 

Selain itu, Anda juga bisa mengikuti kuis yang berhadiah voucher sehingga akan mengurangi pengeluaran liburan akhir tahun Anda. Gunakan media sosial yang Anda miliki sebagai sarana informasi kuis-kuis berhadiah voucher dan gift card yang tengah berlangsung

 

5. Catat Pengeluaran

Membuat catatan pengeluaran sangat efektif untuk merencanakan liburan yang akan datang. Walaupun kadang menyebalkan, strategi ini merupakan salah satu tips jitu saat mengatur budget liburan akhir tahun.

 

Kumpulkan bukti transaksi yang Anda lakukan, mencatatnya, kemudian hitung kembali uang saku serta pengeluaran yang Anda habiskan saat liburan akhir tahun akan membuat Anda menjadi semakin cermat. Dengan begitu, pengeluaran Anda juga akan lebih terjaga.