LIVE STREAMING

NOW PLAYING:
INDIKA MALAM

NEWS


Minum Air Putih Setiap Pagi Saat Perut Masih Kosong Itu Baik Lho

 

17 October 2016

Kamu tau gak? Kalau setidaknya 70 persen tubuh kita ini tersusun dari air? Jadi sangat penting untuk memastikan kita selalu bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya. Kalau tubuh kekurangan cairan, pastinya dampaknya akan sangat buruk untuk kesehatan.

Dehidrasi berkepanjangan bisa menyebabkan timbulnya berbagai penyakit dan gangguan kesehatan. Seperti penyakit obesitas, hipertensi, kanker payudara, batu ginjal, sinusitis, kanker kandung kemih, migrain, dan arthritis. Untuk mencegah munculnya berbagai macam penyakit ini, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan minum air putih saat perut masih kosong di pagi hari. Karena manfaatnya ternyata luar biasa.

Membuang Racun dalam Tubuh
Saat kita minum air putih, sistem pencernaan tubuh akan berjalan lebih lancar dan alami. Di malam hari, tubuh memperbaiki dirinya sendiri dan mengeluarkan semua racun dalam tubuh. Saat kita minum air putih di pagi hari dalam keadaan perut kosong, maka racun-racun akan lebih cepat keluar dan tubuh jadi terasa lebih segar. Seperti yang dilansir oleh lifehack.org, minum banyak air putih bisa bantu meningkatkan produksi sel-sel otot dan sel-sel darah baru.

Meningkatkan Metabolisme
Minum air putih saat perut kosong bisa bantu meningkatkan laju metabolisme tubuh sampai setidaknya 24 persen. Dengan meningkatnya laju metabolisme tubuh, sistem pencernaan juga akan lebih lancar. Selain itu, minum air setelah bangun pagi bisa membersihkan usus, sehingga usus jadi lebih mudah menyerap nutrisi.

Menjaga Tubuh Tetap Langsing
Saat minum air putih di pagi dalam keadaan perut kosong, semua racun akan dibuang dan sistem pencernaan jadi lebih baik. Efeknya, kita jadi tak mudah lapar dan nafsu makan bisa lebih terkontrol. Sehingga tubuh bisa tetap langsing karena kita terhindar dari godaan makan berlebih.

Meredakan Gangguan Pencernaan
Gangguan pencernaan disebabkan oleh meningkatnya kadar asam di dalam perut. Saat kita minum air putih di pagi hari, kadar asam berlebih ini akan luruh dan larut. Gangguan pencernaan pun bisa teratasi.

Menjaga Kesehatan Kulit
Dehidrasi bisa menyebabkan munculnya keriput dan pori-pori besar di kulit. Dan minum 500 cc air putih dengan keadaan perut kosong dari pagi hari bisa memperlancar aliran darah di kulit dan membuat kulit lebih bercahaya. Ditambah lagi minum air putih sepanjang hari secara berkala bisa membantu tubuh mengeluarkan racun.

Mencegah Batu Ginjal dan Infeksi Kantung Kemih
Minum air putih setelah bangun tidur bisa bantu cegah batu ginjal dan infeksi kantung kemih. Semakin banyak kita minum air putih (dalam batas normal), maka kita bisa terhindar dari ragam penyakit infeksi yang disebabkan oleh racun.

Memperkuat Sistem Imun Tubuh
Minum air putih saat perut kosong bisa bantu menjaga sistem limfa. Sehingga sistem imun tubuh pun bisa makin kuat. Sistem imun tubuh yang kuat bisa menjaga kita terhindar dari berbagai penyakit dan tak gampang jatuh sakit.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari minum air putih di pagi hari, ada tips-tips yang bisa diikuti. Pertama, minum 4 gelas air putih yang masing-masing berisi 160 cc di pagi hari dalam keadaan perut kosong. Kedua, jangan makan apapun selama 45 menit. Ketiga, minumlah air putih setidaknya 30 menit sebelum makan, tapi jangan minum air dalam kurun waktu 2 jam setelah sarapan, makan siang, dan makan malam. Kalau masih kesulitan minum 650 cc air putih langsung di pagi hari, bisa diawali dengan minum 1 gelas air dulu atau semampu kita.

Selamat mencoba ya.