LIVE STREAMING

NOW PLAYING:
-

LIFESTYLE


Perlu Dan Pentingnya? Kartu Kredit

 

14 December 2016

Kartu kredit, mendengar kata itu mungkin yang pertama keluar dari benak kita adalah belanja, tagihan dan cicilan. Mungkin sebagian orang merasa memiliki kartu kredit merupakan sesuatu yang benar – benar diinginkan mungkin bagi sebagian orang justru merasa menghindari untuk memiliki kartu kredit.

Sebenarnya perlukah kartu kredit itu, atau pentingkah kartu kredit itu ? Untuk menjawab pertanyaan ini, jawban yang bisa saya berikan adalah perlu dan penting. Mengapa ? Karena, memiliki kartu kredit tidak berarti kita akan menjadi seseorang menjadi konsumtif ( identik dengan belanja ) sehingga seakan – akan kita memiliki kemampuan untuk membeli suatu barang yang pada akhirnya kita akan dipusingkan oleh sejumlah tagihan – tagihan yang besarnya tidak kita sangka akan sedemikian besarnya sehingga kita bingung untuk membayar tagihan tersebut. Bahkan kartu kredit tidak berarti kita akan “terjebak” dengan beban cicilan – cicilan dari barang – barang yang telah kita beli yang akan menyebabkan kondisi keuangan kita berantakan atau terganggu. Justru, apabila kita cerdas dalam menyiasati penggunaannya, justru kartu kredit bisa memberikan manfaat dalam keuangan kita.

Seberapa Penting dan Perlu kah Kartu Kredit itu ?

Lalu dimanakah sisi penting dan perlu-nya seseorang memiliki kartu kredit? Sebenarnya, apabila kita bisa dengan cermat dan disiplin dalam penggunaan kartu kredit, justru akan memberikan manfaat yang besar bagi kita.

Berikut ini beberapa hal dari kegunaan kartu kredit :

  1. Mendapatkan diskon khususDalam rutinitas kita, tentu kita memiliki pengeluaran rutin setiap bulannya. Entah itu untuk berbelanja bahan pokok bulanan, rekreasi, atau servis kendaraan pribadi kita seperti motor maupun mobil. Sekarang ini, tidak jarang tempat – tempat tersebut menyediakan fasilitas diskon khusus bagi pemegang kartu kredit. Disinilah manfaat pertama yang bisa kita dapatkan apabila kita memiliki kartu kredit, kita dapat memperkecil pengeluaran kita. Tentu saja, kita harus ingat bahwa pengeluaran – pengeluaran tersebut kita telah memiliki anggarannya.
  2. Mendapatkan undian, point reward atau cashbackSudah banyak penerbit kartu kredit saat ini menawarkan undian, point reward ataupun cashbank. Selain manfaat yang telah saya jelaskan pada poin nomor 1 diatas, secara otomatis kita pun bisa mendapatkan kesempatan untuk memenangkan undian atau mendapatkan poin reward ataupun cashback. Disini saya perlu ingatkan kembali, bahwa mendapatkan point undian, point reward dan cashback ini hanyalah sebagai bonus tambahan dan bukan sesuatu yang kita kejar sehingga mengarahkan kita menjadi konsumtif.
  3. Alat pembayaran dalam keadaan darurat.Ini adalah alasan paling kuat yang membuat saya menilai bahwa memiliki kartu kredit adalah perlu dan penting. Kita tidak akan tahu kita akan dihadapi sesuatu keadaan darurat dalam kehidupan sehari – hari, namun hal tersebut tentu saja berpotensi datang kepada kita.Salah satu contohnya adalah mungkin suatu saat entah itu diri kita sendiri, keluarga ataupun saudara kita tertimpa suatu musibah sehingga harus dirawat di rumah sakit saat itu juga, disinilah peranan kartu kredit sangat berperan. Karena, kita tidak tahu apakah rumah sakit yang kita kunjungi itu mengharuskan kita membayar uang muka atau bahkan pelunasan biaya atau membayar jaminan sebelum rumah sakit tersebut melakukan tindakan, sementara kita tidak membawa uang tunai atau bahkan uang di tabungan kita tidak mencukupi. Dengan kita memiliki kartu kredit, maka kita bisa menghindari resiko ini.

Contoh lainnya adalah, kendaraan kita tiba – tiba rusak ditengah jalan dan mau tidak mau kita harus membawa kendaraan kita ke bengkel terdekat, sementara itu kita tidak membawa uang tunai atau uang di ATM tidak mencukupi. Tapi, karena kita memiliki kartu kredit, semua kekuatiran kita akan tertolong. Kendaraan kita dapat diperbaiki dan kita bisa melanjutkan lagi aktivitas kita.

Dari penjelasan saya tersebut diatas, poin yang ingin saya sampaikan adalah adakalanya kartu kredit itu memberikan manfaat tambahan buat kita, namun tidak jarang juga dapat menjerumuskan kita. Namun, kunci dari semua itu adalah kepintaran kita untuk mengelola penggunaan kartu kredit tersebut dan tentu saja kedisiplinan kita.

Jadi, apakah kartu kredit itu penting atau perlu ?