LIVE STREAMING

NOW PLAYING:
-

LIFESTYLE


Seberapa Sering Sih Baiknya Wanita Memotong Rambutnya?

 

20 October 2016

Banyak alasan melatarbelakangi keputusan wanita untuk memotong rambutnya. Biasanya mereka mulai terpikir untuk memotong rambutnya apabila rambutnya sudah panjang, rontok, rusak atau bosan sama modelnya. Ada pula yang melakukannya karena terdorong acara spesial, seperti perayaan ulang tahun, mau masuk kerja, hingga buang sial. Tapi bagaimana dengan pendapat hairstylist? Seberapa sering sebaiknya potong rambut agar tampilannya selalu menarik?

Rambut Sangat Keriting - 12 Minggu

Rambut sangat keriting atau afro butuh waktu lama untuk tampak panjang. Untuk itu, mereka hanya perlu 12 minggu atau tiga bulan sekali untuk memangkas ujungnya (trimming). Hal tersebut penting dilakukan untuk mencegah atau mengurangi cabang dan helaian kusut. Mintalah penata rambut memotong satu cm saja, terlebih untuk Anda yang berniat memanjangkannya.

Rambut 'Perawan' - 12 Minggu
'Mahkota' yang belum pernah dicat atau diluruskan dan dikeritingkan dengan bahan kimia juga tak butuh sering-sering potong rambut. Hairstylist selebriti Nathaniel Hawkin mengatakan rambut 'perawan' hanya perlu mengunjungi salon tiga bulan sekali untuk dipotong ujungnya agar selalu sehat.

Rambut Panjang - 8 Sampai 12 Minggu

Jika pemilik rambut panjang tidak ingin sering-sering potong rambut, lakukanlah perawatan intensif dengan masker dan minimalisir penggunaan catokan. Bila tidak, rambut Anda akan cepat bercabang dan kering di bagian ujungnya.

Rambut Keriting Medium - 8 Sampai 12 Minggu

Nathaniel tidak menyarankan pemilik rambut keriting medium untuk punya rambut terlalu panjang. Alasannya agar tidak tampak berantakan dan terlalu bervolume. Untuk itu, potonglah rambut dua sampai tiga bulan sekali dan menjaganya tetap terhidrasi agar tampak sehat.

Rambut dengan Banyak Layer - 6 Minggu
Selain karena sudah mulai rusak, wanita sering memotong rambut untuk menampakkan modelnya yang sudah tak terlihat. Untuk Anda yang model rambutnya punya banyak layer, sebaiknya trimming enam minggu sekali. Hal itu baik dilakukan agar rambut selalu sehat dan tampak menarik.

Rambut Pendek Bob - 6 Minggu

Tidak berniat memanjangkan rambut dan ingin selalu berpotongan bob atau lob saja? Anda perlu memotongnya setiap enam minggu. Apalagi jika rambut Anda punya potongan yang sedikit rumit, seperti geometris atau menekuk.

Rambut Tipis - 4 Sampai 6 Minggu
Menangani rambut tipis memang punya tantanganya tersendiri. Rambut sering terlihat lepek jika potongannya kurang menunjang. "Tantangan rambut tipis adalah harus selalu membentuknya tanpa memotong terlalu banyak," kata Nathaniel kepada Allure.

Rambut Sangat Pendek - 4 Minggu
Potongan rambut sangat pendek seperti bowl atau pixie disukai wanita yang suka tampil boyish atau edgy. Untuk mempertahankan gaya tersebut, Anda pun perlu memotongnya setiap empat minggu. Nathaniel menyarankan agar Anda merapikan potongannya setiap satu bulan agar lebih mudah ditata. Begitu pula dengan rambut yang cenderung rusak.