LIVE STREAMING

NOW PLAYING:
INDIKA MALAM

LIFESTYLE


Tips Harmonis Pernikahan

 

11 August 2017

Kehidupan rumah tangga itu bagaikan Negara kecil. Ada seorang pemimpin dan ada juga yang dipimpin. Suami diwajibkan untuk bisa memimpin istri dan anak-anak nya sebagaimana sudah diberi tanggung jawab oleh Tuhan YME. Kehidupan rumah tangga cukup ribet di dalamnya. Ada tips penting agar kebahagian rumah tangga selalu awet dan harmonis. 


1. Memberikan layanan tulus untuk pasangan

Belajar cara melayani, bukan hanya dibutuhkan oleh seorang pelayan atau karyawan kepada bossnya. Namun, utamanya sangat penting dipelajari dan dipraktekkan oleh suami atau istri dalam rumah tangga.

Melayani pasangan dengan setulus hati merupakan upaya membina rumah tangga yang harmonis. Berilah pelayanan kepada pasangan anda, melebihi bagaimana cara seorang pelayan melayani pelanggannya atau seorang karyawan kepada atasannya.

Landasi sikap pelayanan tersebut dengan niat ibadah kepada Allah, agar bisa senantiasa ikhlas dalam menghadapi pasangan. Jika seorang pelayan bisa melayani pelanggang dengan setulus hati, itu disebabkan karena ia mengharap imbalan dari pelanggang. Maka untuk pasangan anda, layani ia dengan setulus hati agar imbalan keharmonisan menyelimuti keluarga anda dan balasan pahala tiada terkira dari Tuhan juga bisa anda dapatkan.

 2. Jujur terhadap pasangan

Kebiasaan berterus terang kepada pasangan adalah salah satu upaya menjaga rumah tangga langgeng. Banyak rumah tangga dalam perjalanannya menjadi retak, lebih diakibatkan karena ketidak mampuan suami atau istri berlaku jujur kepada pasangannya.

Jangan sekali-kali berbohong kepada pasangan. Jika pun tidak ketahuan satu kali, maka di masa yang akan datang anda akan terbiasa untuk mengulangi kebohongan anda.

Pada dasarnya, siapa pun ia pasti tidak akan suka jika dibohongi. Apalagi jika itu adalah pasangan hidup anda.

3. Jangan Terlalu mengatur pasangan

Dalam rumah tangga, memang harus serba diatur. Termasuk misalnya dalam hal mengatur keuangan keluarga. Namun, jika salah satu pasangan terlalu mendominasi satu sama lain maka bisa timbul konflik.

Semisal istri terlalu mengatur suaminya, maka ini bisa menjadi sebab rumah tangga menjadi tidak harmonis. Pada dasarnya suami adalah pemimpin dan salah satu tugas pemimpin adalah mengambil keputusan. Nah, jika seorang istri 'terlalu' mengatur suaminya maka ini menjadi sesuatu yang sangat tidak disukai dan dibenci oleh pria.

Tiap pasangan harus menempatkan dirinya secara proporsional, kapan ia harus memberikan saran dan kapan ia harusnya membiarkan suami mengambil keputusan sendiri.

4. Jangan Terlalu Membandingkan Pasangan dengan Orang Lain

Sudah lumrah bahwa rumput tetangga kelihatannya lebih hijau dibandingkan rumput sendiri. Kita biasanya lebih gampang melihat kelebihan orang lain dibandingkan menemukan kelebihan pasangan.

Sehingga, ini berakibat salah satu pasangan dengan mudah membanding-bandingkan ia dengan orang lain.

Terlalu sering membicarakan kehebatan suami atau istri orang lain dihadapan pasangan bisa melukai hati pasangan. Jangan lakukan hal demikian, kecuali dimaksudkan untuk mengingatkan pasangan agar bertambah baik dan lebih baik lagi. Karena, tidak mengapa kita membandingkan diri kita dengan orang lain dalam hal kebaikan dan ketaatan.