LIVE STREAMING

NOW PLAYING:
-

NEWS


Uni Emirat Arab Akan Jadi Yang Pertama Memiliki Sistem Transportasi Tercepat

 

16 November 2016

Uni Emirat Arab akan menjadi yang pertama memiliki Hyperloop, sistem transportasi berkecepatan tinggi yang memungkinkan perjalanan dari Dubai ke Abu Dhabi (lebih dari 150 km) bisa ditempuh hanya dalam waktu 15 menit.

Startup Hyperloop One telah menjalin kesepakatan dengan Roads and Transport Authority (RTA) kota Dubai untuk melakukan sejumlah studi kelayakan untuk Hyperloop di Uni Emirat Arab, seperti dilansir Ars Technica. Hyperloop One diketahui telah mendapatkan suntikan dana awal sebesar US$ 50 juta, dari total US$ 160 juta dari konsorsium Uni Emirat Arab.

Hyperloop sendiri adalah sistem transportasi masa depan yang pertama kali digagas oleh CEO SpaceX dan Tesla, Elon Musk. Musk mengatakan bahwa Hyperloop adalah gabungan pesawat Concorde, Rail Gun dan Air Hockey Table dengan kecepatan maksimal lebih dari 1.000 Km/jam.

Namun, Musk tak berencana membangun Hyperloop sendiri, dan menawarkan idenya kepada para startup yang ingin merealisasikan konsep tersebut ke pasar. Dan Hyperloop One adalah salah satu atau sekaligus yang pertama dalam membangun sistem transportasi futuristis ini.

Hyperloop akan mulai beroperasi untuk penumpang pada 2020 mendatang. Dengan transportasi berkecepatan tinggi ini, perjalanan dari Dubai ke Abu Dhabi (lebih dari 150 Km) bisa ditempuh hanya dalam waktu 12 menit.