Uncategorized

5 Cara Mencegah Paru-Paru Basah, Perhatikan Sebelum Terlambat!

todaySeptember 29, 2020 17

Background
share close

Ada salah satu mikroorganisme yang menjadi penyebab terbesar dari paru-paru basah, mikroorganisme tersebut memiliki nama Streptococcus Pneumonia. Jenis mikroorganisme ini biasanya bersarang permanen di sekitar area tenggorokan. Ketika kondisi dan daya tahan tubuh sedang baik dan sehat, maka mikroorganisme tersebut bukan menjadi masalah besar. Namun, ketika daya tubuh sedang buruk, maka mikroorganisme dapat turun ke paru-paru dan menyebabkan penyakit paru-paru basah. berikut Indika FM merangkumnya.

1. Berhenti Merokok

Sudah sangat banyak himbauan nih Teman Indika perihal kesehatan dan kerugian dari merokok yang ada di kemasan rokok, namun tetap saja rokok laris di pasaran. Padahal, berbagai kandungan zat kimia di dalam rokok sangat berbahaya bagi kesehatan. Ribuan bahan kimia berbahaya tersebut ada di setiap hisapan asap rokok. Dan kandungan dari bahan-bahan kimia berbahaya tersebut yang akhirnya membuat daya tahan tubuh menurun dan mudah terserang penyakit.

2. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Ketika daya tahan tubuh tidak baik dan cenderung sangat buruk, maka jamur, bakteri, dan berbagai virus akan dengan mudah menyerang tubuh, terutama paru-paru. Ada baiknya Teman Indika mulai mengonsumsi jenis makanan sehat dan berbagai vitamin seperti vitamin C. selain itu, kamu juga bisa berolahraga dan menjaga pola tidur agar tidak kelelahan dan menyebabkan daya tahan tubuh justru menurun.

3. Menjaga Kebersihan Diri & Lingkungan

Sebaik-baiknya lingkungan yang telah dibersihkan bahkan masih berpotensi dalam terinfeksinya seseorang dengan penyakit paru-paru basah lho Teman Indika. Sebabnya, bakteri, jamur, dan berbagai virus lainnya bisa masuk dari kebiasaan yang kurang bersih, contohnya tidak cuci tangan sebelum makan, atau tidak ganti baju sehabis dari luar ruangan, dimana banyak virus dan bakteri yang menempel pada baju, dan jika terhirup akan berpotensi menimbulkan paru-paru basah.Maka dari itu, usahakan selalu mencuci tangan, baik di rumah maupun di muka umum, terutama jika sehabis memegang berbagai barang yang ada di tempat umum, seperti pegangan tangga eskalator. Selain itu, akan lebih baik jika Anda membawa hand sanitaizer sendiri, untuk berjaga-jaga jika tidak ada air untuk cuci tangan.

4. Gunakan Masker

Salah satu cara mencegah terjangkit penyakit paru-paru basah atau pneumonia ini adalah dengan menggunakan masker. Ketika sedang di lokasi yang sarat akan polusi udara cukup parah, maka ada baiknya Teman Indika menggunakan masker agar tidak menimbulkan risiko paru-paru basah dan jenis penyakit lainnya. Selain itu, gunakan masker juga ketika terdapat orang yang sedang sakit batuk atau pilek di sekitar Anda, karena bisa saja orang tersebut menularkan ke Anda ketika mereka bersin atau batuk.

5. Vaksin Penumonia

Dan solusi pencegahan yang terakhir, adalah dengan menggunakan vaksin pneumonia. Vaksin pneumonia ini umumnya diberikan kepada balita, namun orang dewasa dan berusia lanjut masih bisa untuk menggunakan jenis vaksin ini. Mengingat paru-paru basah tidak memandang umur dalam menginfeksinya.

Mungkin, beberapa cara mencegah paru-paru basah di atas terlihat cukup mudah, ya memang. Namun, segala hal yang berhubungan dengan kebiasaan tidak serta merta dapat semudah itu diubah. Maka, perlu niat yang kuat agar berbagai cara mencegah paru-paru basah tersebut dapat dijalankan dengan optimal. Jaga kesehatan ya Teman indika!

Written by: test1

Rate it

Previous post

Post comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


0%
donut_large