Featured

Baru! Ditemukan Gunung Berapi Aktif Di Venus

todaySeptember 29, 2020 99

Background
share close

Dilansir dari sindonews.com studi baru menemukan fakta bahwa Planet Venus saat ini adalah dunia yang aktif secara geologis. Para peneliti telah mengidentifikasi tiga lusin fitur di Venus yang kemungkinan diciptakan oleh vulkanisme di masa lalu. Hal itu berpotensi membentuk kembali pemahaman kita tentang planet yang sangat panas dan evolusinya.

Para ilmuwan telah lama mengetahui bahwa Venus tetap aktif lama setelah planet berbatu lainnya, yaitu Merkurius dan Mars kehilangan mojo geologisnya. Batuannya memiliki kawah yang jauh lebih sedikit daripada kedua planet itu, hitungan yang konsisten dengan peristiwa pelapisan kembali global sekitar 500-700 juta tahun lalu.

Namun baru-baru ini, bukti telah membangun bahwa aktivitas vulkanik Venus berlanjut jauh dalam sejarah planet, mungkin bahkan sampai hari ini. Dan studi baru mendukung sudut pandang tersebut.

Para peneliti, yang dipimpin oleh ahli geofisika, Anna Gülcher dari ETH Zürich di Swiss, menggunakan simulasi komputer memodelkan secara rinci yang belum pernah terjadi sebelumnya tentang pembentukan dan evolusi struktur vulkanik berbentuk cincin Venus, yang disebut coronae.

Tim kemudian menggunakan pengetahuan ini untuk memburu korona muda dalam pencitraan permukaan Venus yang ditangkap oleh pesawat ruang angkasa seperti penyelidikan NASA Magellan, yang mengorbit di planet ini dari 1990-1994.

Korona Venus dihasilkan oleh gumpalan batuan cair yang naik dari mantel melalui kerak, prosesnya mirip dengan proses pembentukan Kepulauan Hawaii di Bumi. Hanya, sebagian besar vulkanisme Bumi terjadi di sepanjang batas lempeng tektonik, yang tampaknya tidak dimiliki Venus modern.

Gülcher dan koleganya menemukan sebanyak 37 korona muda muncul hanya di beberapa daerah Venus.

Written by: test1

Rate it

Previous post

Post comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


0%