Featured

Coober Pedy, Kota Bawah Tanah di Australia

todayNovember 30, 2020 157 2

Background
share close

Dilansir dari Kumparan.com

Selain binatang khasnya, ternyata Australia memiliki kota unik yang penduduknya memilih untuk tinggal di bawah tanah. Kota tersebut ialah Coober Pedy yang terletak di bagian utara Australia Selatan, tepatnya 850 kilometer (km) dari Adelaide.

Sebenarnya tak semua bagian kota ini berada di bawah tanah, hampir separuh bagian lainnya kota ini tetap berada di darat. Hanya saja, setengah penduduk lainnya memutuskan untuk hidup di bawah tanah, di gua-gua yang luas dan terowongan yang mereka sebut ‘dugouts’.

Bukannya tanpa alasan, hal ini dikarenakan suhu ekstrem di kota ini yang sangat panas. Saking panasnya, suhu di kota ini bisa mencapai 40 derajat celsius.

Karena itu, penduduk Coober Pedy membangun kota mereka di bawah tanah. Bahkan, sama seperti kota lainnya, kota bawah tanah ini juga dilengkapi dengan fasilitas umum, seperti perpustakaan, tempat ibadah, hotel, restoran, dan tempat olahraga. Coober Pedy juga dilengkapi dengan akses internet, air bersih, dan juga listrik.

Menariknya lagi, mengutip laman resminya, Coober Pedy juga dijuluki sebagai ‘Opal Capital of The World’ alias ‘Kota Penghasil Batu Permata’. Hal tersebut disebabkan, di bawah permukaan Kota Coober Pedy sangat kaya akan Opal, batu permata yang terdapat dalam berbagai macam warna.

Meskipun di bawah tanah, semua ruangannya diberi ventilasi untuk menjaga suhu agar tetap teratur. Kota Coober Pedy memiliki lebih dari 70 lahan pertambangan batu permata terbesar di dunia. Kota ini dijadikan sebagai kota penyuplai batu permata.

Karena keunikannya ini, Coober Pedy sering mendapatkan penghargaan pariwisata dan budaya. Bahkan, Coober Pedy juga menjadi salah satu tujuan wisata populer bagi wisatawan.

Pengunjung bisa mengikuti room tour yang disediakan oleh operator tur setempat. Bahkan, tersedia pula hotel bagi mereka yang ingin menginap di sana. Selain itu, bagi mereka yang penasaran dengan batu Opal di Coober Pedy, kota ini menjadi destinasi wisata yang wajib untuk disambangi.

Written by: indikaFM

Rate it

Previous post

IndikaFM

Penemuan Monolit Metal Misterius Di Utah

Dilansir dari Kumparan.com Sebuah objek aneh berupa tugu 'alien' metal seperti monolit muncul secara misterius di tengah Gurun Utah tak berpenghuni. Objek misterius itu ditemukan oleh seorang kru dari departemen sumber daya satwa liar di negara bagian Amerika Serikat, Utah. Mereka menemukannya tatkala berpatroli menggunakan helikopter di atas gurun tersebut. Awalnya, tim ditugaskan untuk membantu petugas departemen sumber daya satwa liar menghitung domba tanduk besar atau bighorn (Ovis canadensis) di […]

todayNovember 27, 2020 137 1 2

Post comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


0%
Indika FM

FREE
VIEW