Kumparan News

Ditinggal Pergi Penghuninya, Rumah di Desa Panyosogan Kuningan Terbakar

todayFebruary 17, 2021 24

Ditinggal Pergi Penghuninya, Rumah di Desa Panyosogan Kuningan Terbakar
share close
Ditinggal Pergi Penghuninya, Rumah di Desa Panyosogan Kuningan Terbakar
Petugas Damkar Kabupaten Kuningan dibantu warga berjibaku memadamkan api yang membakar salah satu rumah di Desa Panyosogan, Kecamatan Luragung, Kabupaten Kuningan, Rabu (17/2/2021). (Istimewa)

Ciremaitoday.com, Kuningan – Petugas Damkar Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, berhasil memadamkan kebakaran rumah yang berada di permukiman padat penduduk di Desa Panyosogan, Kecamatan Luragung, Kabupaten Kuningan, Rabu (17/2/2021).

Kepala Damkar Kuningan, Khadafi Mufti menuturkan, peristiwa kebakaran ini terjadi sekira pukul 10.00 WIB pagi tadi. Saat kejadian, rumah dalam keadaan kosong ditinggalkan pemiliknya karena berprofesi sebagai pedagang.

“Pemilik rumah yakni Ibu Hani (65) kebetulan sedang tidak berada di rumah saat terjadinya kebakaran. Menurut keterangan saksi, kepulan asap pertama kali muncul dari arah kamar depan sekira jam 10 pagi,” katanya, Rabu (17/2/2021).

Ditinggal Pergi Penghuninya, Rumah di Desa Panyosogan Kuningan Terbakar (1)
Kondisi di dalam rumah yang terbakar di Desa Panyosogan, Kecamatan Luragung, Kabupaten Kuningan, Rabu (17/2/2021). (Istimewa)

Tak butuh waktu lama, lanjutnya, saksi yang awalnya hanya melihat kepulan asap makin lama malah terlihat api yang semakin membesar. Melihat kejadian itu, saksi kemudian memberitahukan telah terjadi kebakaran dan meminta bantuan warga setempat.

“Kawasan TKP kebakaran merupakan permukiman padat penduduk. Sehingga jika tidak segera ditangani, api bisa merambat ke bangunan rumah lain,” ungkapnya.

Ia menduga, jika kebakaran itu dipicu akibat korsleting atau hubungan arus listrik di salah satu rumah korban. Api yang berasal dari korsleting menyebabkan ledakan bola lampu hingga membakar kasur.

“Sebelum kami datang, warga bersama-sama berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya. Secara kompak warga mengeluarkan barang-barang perabotan rumah yang bisa diselamatkan,” imbuhnya.

Ditinggal Pergi Penghuninya, Rumah di Desa Panyosogan Kuningan Terbakar (2)
Situasi di sekitar lokasi kebakaran rumah di Desa Panyosogan, Kecamatan Luragung, Kabupaten Kuningan, Rabu (17/2/2021). (Istimewa)

Tiba di lokasi, pihaknya dibantu kepolisian dan warga berupaya untuk memadamkan api agar betul-betul padam. Sebab api terlihat masih menyala dan masih menyisakan bara api di atap plafon rumah yang sulit dijangkau oleh peralatan manual.

“Selama 45 menit akhirnya api benar-benar bisa dipadamkan. Kerugian total dari kebakaran ini diperkirakan senilai Rp 35 juta, akibat bangunan dan perabotan rumah yang terbakar,” sebutnya.

Meski saat ini tengah musim hujan, namun pihaknya tetap mengimbau, agar seluruh masyarakat tetap waspada terhadap apapun potensi bahaya kebakaran. “Intinya kita harus tetap waspada dan mempersiapkan sistem proteksi dari bahaya kebakaran di manapun,” tutupnya.

Written by: Kumparan

Rate it

Previous post

Chungha Akhirnya Rilis Album Debut Querencia

Kumparan Entertainment

Chungha Akhirnya Rilis Album Debut Querencia

Chung Ha dok IG chungha_official Chungha akhirnya resmi merilis album perdananya yang diberi judul Querencia, di bawah label 88rising Records dan 12tone Music. Album yang judulnya diambil dari bahasa Spanyol berarti ‘tempat di mana orang menemukan ketenangan pikiran' itu berisikan 12 lagu. Bagi idola K-Pop tersebut, album ini membuatnya menjadi diri sendiri. "Aku pikir Querencia adalah sesuatu yang tidak dapat dijelaskan. Album ini adalah segala sesuatu yang membuat aku menjadi […]

todayFebruary 17, 2021 4

Post comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


0%