Kumparan News

Dubes Spanyol Takjub dengan Keindahan Maluku Utara

todayFebruary 15, 2021 15

Dubes Spanyol Takjub dengan Keindahan Maluku Utara
share close
Dubes Spanyol Takjub dengan Keindahan Maluku Utara
Kedutaan Besar Spanyol untuk Indonesia, Jose Maria Matras Manso, saat diwawancara sejumlah awak media di Ternate, Maluku Utara.

Kedutaan Besar (Dubes) Spanyol untuk Indonesia, Jose Maria Matras Manso, pada Senin (15/2) didampingi atase keamanan dan atase bidang perdagangan melakukan kunjungan kerja ke Ternate, Maluku Utara.

Dalam kesempatan itu, Jose kepada wartawan, mengaku takjub dengan kekayaan alam di Indonesia, khususnya Maluku Utara. Ia mengaku, Maluku Utara tidak hanya dilihat dari segi ekonomi, tapi juga pariwisata yang menjadi keunggulan tersendiri.

Maluku Utara yang kaya komoditi seperti kelapa, cengkeh, pala dan hasil bumi lainnya, serta ditambah keindahan pariwisata dengan panorama laut dan pegunungan, menjadikan daya tarik tersendiri. Bahkan peluang bisnis bagi investor, baik lokal maupun mancanegara.

Ia bilang, sejak ratusan tahun lalu pun, Maluku Utara telanjur dikenal sebagai salah satu wilayah penghasil rempah-rempah yang melimpah di Indonesia.

“Kita mulai dari mempraktekan sesuatu dengan hal baru. Kenapa tidak, Spanyol dan Indonesia bisa berjalan bersama dan kita akan mencoba mengkombinasikan ini dengan turis Spanyol. Karena turis sangat tahu Maluku Utara adalah bagian terindah dari Indonesia,” katanya.

Jose yakin, kekayaan alam seperti kelapa, cengkeh, pala serta komoditi lainnya adalah jenis yang tidak ada di negara lain. Dan ini akan menjadi poin penting dalam ekonomi definitif kepulauan.

“Tentu ini sangat penting, seperti dunia baru,” kata Jose.

Ia berharap, ke depan bisa ada kerjasama antara Spanyol dan Indonesia untuk mengembangkan perekonomian dan pariwisata yang ada di Indonesia, khususnya di Maluku Utara.

“Indonesia, Maluku Utara, memiliki orang-orang yang luar biasa. Saya melihat dan juga menyapa orang-orang di Ternate penuh keramahan. Selain itu Ternate juga hebat, indah, sangat natural,” tuturnya.

Sekadar diketahui, kunjungan kerja Kedutaan Spanyol selama dua hari di Maluku Utara itu terkait persiapan kedatangan kapal latih Spanyol, Juan Sebastian Elcano, sebagai bagian dari perayaan 500 tahun mengelilingi dunia oleh Magellan dan Elcano.

Dalam pertemuan bersama Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman di Kantor Wali Kota, Jose bilang tujuan kuker ini karena pada 27 Maret 2021 akan berlabuh kapal latih Spanyol Juan Sebastian Elcano, di perairan antara Ternate dan Tidore.

Kapal tersebut telah memulai pelayaran dari Spanyol sejak Okotber 2020 lalu dan diprediksikan akan tiba di Maluku Utara pada 27 Maret 2021.

“Perjalanan ini merupakan bentuk penguatan hubungan bangsa Spanyol dan Indonesia yang pernah terjadi sekitar 500 tahun lalu di Maluku Utara,” pungkasnya.

______

Yunita Kadir

Written by: Kumparan

Rate it

Previous post

KPAI Ungkap Alasan Panggil Ridwan Remin Terkait Pengaduan Pihak Ruben Onsu

Kumparan Entertainment

KPAI Ungkap Alasan Panggil Ridwan Remin Terkait Pengaduan Pihak Ruben Onsu

Komedian Ridwan Remin. Foto: Ronny KPAI telah memanggil komika Ridwan Remin atas pengaduan yang dilayangkan oleh Jordi Onsu. Pengaduan ini terkait dengan materi stand up comedy yang dibawakan Ridwan dan dinilai meledek keluarga Ruben Onsu. Ridwan Remin memenuhi panggilan KPAI pada hari ini, Senin (15/2), dan berharap bisa menyelesaikan masalahnya dengan baik. Susanto selaku Ketua KPAI mengungkapkan alasan pihaknya memanggil Ridwan atas pengaduan Jordi tersebut. "Prinsipnya, hari ini kita klarifikasi, […]

todayFebruary 15, 2021 27

Post comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


0%
Indika FM

FREE
VIEW