IndikaFM

Jack Ma Menghilang Usai Kritik Pemerintah China

todayJanuary 6, 2021 15

Jack Ma Menghilang Usai Kritik Pemerintah China
share close

Jack Ma, yang merupakan miliarder asal China dan founder dari E-Commerce Alibaba dikabarkan telah menghilang selama dua bulan. Hal ini diketahui dari ketidakhadiran dirinya pada sebuah reality show yang ia jurikan. Kehilangan tersebut memicu berbagai macam spekulasi, salah satunya adalah Jack Ma memiliki masalah yang serius dengan pemerintah China setelah sebelumnya mengkritik kebijakan dan regulasi pemerintahan China.

Menurut laporan Financial Times, posisi Jack Ma sebagai juri di acara final Africa’s Business Heroes telah digantikan sementara. Foto pria berusia 56 tahun itu juga dihapus dari halaman web penjurian dan dia tak lagi muncul di video promosi terakhir acara reality show tersebut. Final acara tersebut, yang digelar pada bulan November, berlangsung tak lama setelah Jack Ma mengkritik pemerintah China dan bank-bank milik negara dalam pidatonya.
“Kita tidak boleh menggunakan cara mengelola stasiun kereta api untuk mengatur bandara,” kata Ma dalam sebuah acara di Shanghai pada 24 Oktober 2020, dikutip dari The Guardian. “Kita tidak bisa mengatur masa depan dengan cara kemarin.”
Komentar pengusaha itu muncul setelah pidato seorang pejabat China yang memperingatkan bahwa harus ada keseimbangan antara inovasi keuangan dan regulasi. Meskipun menjadi salah satu pengusaha paling sukses di China, Ma sering bentrok dengan rezim karena preferensinya untuk lebih terbuka, ekonomi yang digerakkan oleh pasar.
The Financial Times melaporkan bahwa dia kemudian ‘dihalangi oleh pejabat di Beijing’ dan penawaran umum perdana senilai 37 miliar dolar AS dari perusahaannya, Ant Group, ditangguhkan. Tak cuma hilang di acara reality show, Jack Ma juga terpantau vakum di akun Twitter-nya sejak 10 Oktober 2020. Padahal, meski tidak terlalu aktif, sebelumnya dia minimal berkicau sekali dalam sebulan lewat akun Twitter-nya.
Seorang juru bicara Alibaba mengatakan kepada Financial Times bahwa “Karena konflik jadwal, Tuan Ma tidak bisa lagi menjadi bagian dari panel juri terakhir Africa’s Business Heroes awal tahun ini (2020).” Sementara final berlangsung menjelang akhir tahun lalu, siarannya di TV telah ditunda hingga musim semi tahun ini, menurut sebuah video promosi dan dua kontestan.

Source : Kumparan.com

Written by: indikaFM

Rate it

Previous post

Gojek dan Tokopedia Disebut Bakal Merger

IndikaFM

Gojek dan Tokopedia Disebut Bakal Merger

Dua perusahaan teknologi, Gojek dan Tokopedia, disebut sedang dalam tahap diskusi untuk melakukan merger. Penggabungan dua startup terbesar di Indonesia tersebut dilaporkan akan memiliki total nilai valuasi sekitar 18 miliar dolar AS. Menurut laporan Bloomberg yang berasal dari sumber terdekat dengan isu tersebut menyebutkan, Gojek dan Tokopedia telah menandatangani lembar persyaratan terperinci untuk melakukan uji tuntas bisnis masing-masing. Kedua belah pihak melihat potensi sinergi dan ingin menutup kesepakatan secepat mungkin […]

todayJanuary 5, 2021 12

Post comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


0%
Indika FM

FREE
VIEW