News

Kadin Indonesia Dorong Perempuan Kembangkan Bisnis Saat Pandemi Covid-19

todayAugust 5, 2021 1

Kadin Indonesia Dorong Perempuan Kembangkan Bisnis Saat Pandemi Covid-19
share close

Untuk mendukung peran perempuan dan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-59, IBM Asmi Jakarta menggelar webinar asmiDIGItalk3, yang bertema ‘Optimalisasi Peluang Bisnis Bagi Generasi Tangguh: Women In Charge, Asi DigiTalk 2021’, beberapa hari lalu.

Dalam webinar ini, salah satu narasumber yaitu Ketua Komisi Tetap Bidang Waralaba, Lisensi dan Kemitraan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Levita G. Supit dan juga Ketua Asosiasi Frenchise Indonesia.

Dia mengatakan, semua bisnis mengalami penurunan hingga 90 persen sejak pandemi Covid-19 tahun lalu. Sehingga mengakibatkan banyak bisnis yang tutup sementara atau permanen.

Peran perempuan di era digital sendiri, menurutnya sangat besar. Apalagi tuntutan wanita untuk berperan di luar rumah. Seperti menjadi wanita karir atau ikut bisnis keluarga, dengan adanya digitalisasi dan tumbuhnya industri yaitu Sciences, Technology, Engineering, Matemathics (STEM).

“Ini memberikan peluang yang lebih luas, untuk menjadi perempuan karir atau punya bisnis. Namun masih sedikit yang bisa memanfaatkan ini, karena ketidaktahuan terhadap teknologi, atau ketidakmampuan ataupun ketidakmauan dalam menerima teknologi,” katanya, Kamis (5/8/2021).

Menurutnya, pemerintah telah melaksanakan program kesetaraan gender yang mengintegrasikan gender. Terlebih dalam arus pembangunan dan menempatkan perempuan sebagai subyek pembangunan.

Peran wanita saat ini tidak hanya sebagai ‘Ibu Pendidik Generasi Masa Depan’, tapi juga di dalam ranah publik termasuk era Revolusi Industri 4.0.

“Harus bisa menyelesaikan permasalahan yang terjadi terhadap perempuan, seperti diskriminasi gender, kekerasan seksual dan eksploitasi,” ujarnya.

Kadin Indonesia pun bekerja sama dengan berbagai pihak, untuk menggelar pelatihan dan pemberdayaan perempuan.

Ini dilakukan untuk menarik peran perempuan, lebih banyak terjun ke dunia industri dan bisnis. Karena, ekosistem bisnis yang berkembang saat ini yaitu transformasi digital dan kecepatan.

Lalu, sumber daya manusia, masyarakat yang dinamis atau berubah, persaingan semakin tinggi, zero surveillance.

Written by: indikaFM

Rate it

Previous post

Dinsos DIY Bakal Jamin Pendidikan Anak Yatim Piatu Akibat Covid-19

News

Dinsos DIY Bakal Jamin Pendidikan Anak Yatim Piatu Akibat Covid-19

Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta bakal menjamin pendidikan anak yatim piatu yang orang tuanya meninggal dunia akibat terpapar COVID-19 melalui Balai Rehabilitasi Sosial dan Pengasuhan Anak (RSPA) DIY. "Mereka akan disekolahkan, baik untuk SD, SMP, maupun hingga SMA," kata Kepala Dinas Sosial DIY Endang Patmintarsih saat dihubungi di Yogyakarta, Kamis (5/8). Meski demikian, anak yatim piatu yang akan ditanggung oleh Dinsos DIY bakal dipastikan terlebih dahulu ada atau tidaknya pengampu […]

todayAugust 5, 2021

Post comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0%
Indika FM

FREE
VIEW