News

Pembangunan Kampung Akuarium Ditargetkan Selesai Akhir Tahun 2021

todayAugust 25, 2021 2

Pembangunan Kampung Akuarium Ditargetkan Selesai Akhir Tahun 2021
share close

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menargetkan pembangunan seluruh blok hunian Kampung Susun Akuarium tuntas pada akhir 2021. Pembangunan blok hunian Kampung Susun Akuarium yang sudah terselesaikan dan sudah bisa dihuni ada dua, yakni blok B dan D dengan total hunian sebanyak 107 unit tipe 36.

“Jadi, dari total 241 unit rencana, sekarang yang sudah tersedia sebanyak 107 unit. Kami akan tuntaskan InsyaAllah pada akhir 2021 untuk keseluruhan,” kata Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Afan Adriansyah Idris di Kampung Susun Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (17/8).

Pembangunan Kampung Susun Akuarium merupakan proyek membangun kembali rumah sederhana warga yang pernah diratakan dengan tanah pada zaman pemerintahan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Saat ini, sudah ada dua blok Kampung Susun yang total berisi 107 unit hunian di atas tanah seluas 10 ribu meter persegi itu.

Berbeda dengan unit rumah susun sederhana sewa lainnya, pengelolaan Kampung Susun Akuarium sepenuhnya diserahkan kepada manajemen warga Kampung Akuarium, bukan oleh unit pengelola rumah susun (UPRS) yang ditunjuk pemerintah.

Pelaksana tugas (Plt) Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP), Sarjoko menjelaskan, Pemprov DKI Jakarta menyepakati agar Kampung Susun Akuarium diberi keleluasaan pengelolaan secara mandiri.

Hal itu agar dapat mendorong warga Kampung Akuarium lebih mandiri dengan segala aktivitas ekonomi yang nanti akan dikoordinasikan warga dalam suatu manajemen berbentuk koperasi.

“Terkait dengan pelibatan untuk pengelolaan rumah uusun oleh koperasi ini adalah suatu terobosan dalam upaya untuk memberdayakan masyarakat,” jelasnya seperti dilansir dari Antara.

Adapun mekanisme pembayaran dan berapa nilai sewa per unitnya saat ini masih dalam tahap pembicaraan internal warga Kampung Susun Akuarium. Lewat Koperasi Akuarium Bangkit Mandiri (ABM) bentukan warga, pengelolaan segala hal yang berkaitan dengan hunian baru ini diharapkan berjalan baik.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap, pengelolaan Kampung Susun Akuarium tak hanya soal bangunannya saja. Dia berharap lewat pengelolaan dari warga untuk warga, timbul rasa kekeluargaan yang semakin kuat.

“Saya secara khusus untuk menitipkan agar pengelolaan ini berjalan dengan baik. Dikelola bukan hanya fisiknya. Karena ini bukan hanya soal menjaga ketertiban dan menjaga ketertiban saja,” ujarnya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu meminta agar dapat ditunjukkan bahwa ketika bangunan menjadi baru dan nyaman, justru ikatan kekeluargaan di kampung ini menjadi makin kuat. Adapun peresmian tahap 1 Kampung Susun Akuarium dilakukan tepat setahun sejak peletakan batu pertama, 17 Agustus 2020.

Pembangunan Kampung Susun Akuarium dilaksanakan melalui dana kewajiban pengembang sesuai Peraturan Gubernur Nomor 112 Tahun 2019 tentang Tata Cara Pemenuhan Kewajiban Pembiayaan dan Pembangunan Rumah Susun Murah / Sederhana Melalui Konversi oleh Para Pemegang Izin Pemanfaatan Ruang.

Written by: indikaFM

Rate it

Previous post

News

Arctic Monkeys Lagi Rekaman Album Baru!

Para fans pastinya udah sangat menunggu kembalinya Arctic Monkeys. Berdasarkan laporan dari situs Butley Priory, grup tersebut lagi fokus merekam album ketujuh mereka antara bulan Juni dan Juli lalu. Tepatnya pada sebuah venue tenang berjarak dua jam dari London, pada areat pantai Suffolk. Selama sebulan terakhir, mereka terpantau lagi mereka album terbarunya. “Kami kedatangan sebuah band yang tinggal bersama kami selama sebulan terakhir untuk merekam album,” terang web venue tersebut. […]

todayAugust 25, 2021 6

Post comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0%
Indika FM

FREE
VIEW