News

Penjelasan BMKG soal Suhu Depok dan Jakarta Lebih Dingin

todayJune 24, 2021 5

Penjelasan BMKG soal Suhu Depok dan Jakarta Lebih Dingin
share close

Kepala Subbidang Informasi Iklim dan Kualitas Udara Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Siswanto menjelaskan penyebab suhu udara di sebagian wilayah Depok, Jawa Barat dan DKI Jakarta terasa lebih dingin meski sudah memasuki musim kemarau.

Menurut Siswanto kondisi tersebut karena terjadi penumpukan awan-awan hujan sehingga sinar matahari tertutupi awan-awan tersebut.

“Disebabkan kondisi cuaca yang cenderung berawan sehingga sinar datang matahari tertahan awan-awan [hujan],” ujar Siswanto.

Lebih lanjut ia menjelaskan fenomena ini akan berlangsung pada bulan Juni saat posisi Matahari berada pada summer solstice yakni, 23.5 derajat Lintang Utara.

Hal ini menyebabkan daerah di belahan Bumi bagian selatan termasuk Jakarta dan Depok memiliki sudut datang sinar Matahari di permukaan Bumi mencapai minimum sehingga mempengaruhi jumlah panas yang sampai di Bumi.

Di samping itu Peneliti iklim Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN), Erma Yulihastin mengatakan di sebagian wilayah di Depok, Jawa Barat dan DKI Jakarta memiliki suhu 21 hingga 22 derajat celcius.

Jika dibandingkan dengan tahun lalu, di wilayah tersebut saat ini memiliki suhu lebih rendah sekitar 2 derajat. Ia menjelaskan pada 23 Juni 2020 suhu permukaan berada pada 23-24 derajat Celcius.

“Perbedaan 2 derajat lebih dingin dibandingkan tahun lalu. Yang pada bulan Juni tahun lalu itu kemarau basah baru muncul sekitar awal Agustus. Sekarang Juni sudah kemarau basah. Jadi secara suhu lebih dingin,” ujar Erma.

Di satu sisi, Erna belum bisa memprediksi perubahan suhu di wilayah Depok Jawa Barat dan DKI Jakarta yang berbeda dari tahun lalu diakibatkan perubahan iklim dunia. Sebab masih harus melakukan penelitian lebih lanjut terkait fenomena itu.

Sebelumnya, Peneliti Cuaca dan Iklim BMKG Provinsi Jawa Barat Iid Mujtahiddin menegaskan beberapa hari terakhir, Kota Bandung dan sekitarnya diguyur hujan deras meski diketahui sudah memasuki musim kemarau.

Selain itu, memasuki pekan ketiga Juni, suhu di Bandung terasa lebih dingin dari biasanya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan, penyebab hujan yang turun di musim kemarau ini karena faktor regional.

 

Written by: indikaFM

Rate it

Previous post

Instagram Reels Hadir Di Indonesia !

Technology

Instagram Reels Hadir Di Indonesia !

Instagram menghadirkan pengalaman baru seluruh pengguna di Indonesia agar lebih kreatif dan menciptakan momen seru. Makin banyaknya orang yang membuat video singkat, Instagram memutuskan untuk membawa fitur unggulannya yang sebelumnya belum masuk ke Indonesia. Fitur apa tuh? "Hari ini dengan senang dan bangga kami membawa Reels ke Indonesia," kata Pieter Lydian Country Director Facebook di Indonesia dalam konferensi pers virtual, Rabu (23/6/2021). Reels dinilai Pieter cara membagikan video menarik dan […]

todayJune 24, 2021 9

Post comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0%
Indika FM

FREE
VIEW