News

Penuh Sesak Pengunjung Pasar Tanah Abang

todayMay 4, 2021 10

Penuh Sesak Pengunjung Pasar Tanah Abang
share close

Pasar Tanah Abang pada Minggu (2/5/2021) mendadak menjadi lautan manusia. Ratusan ribu warga memadati kompleks perbelanjaan terbesar di Tanah Air ini. Dengan kondisi itu, bisa dibayangkan, pelaksaan protokol kesehatan Covid-19 tentu terabaikan.

Warga bersesakan mulai dari pintu masuk hingga lorong-lorong kios. Belum lagi banyaknya warga yang masih tak tertib mengenakan masker. Banyak terlihat beberapa warga lebih senang meletakkan maskernya di dagu meski berada di tengah-tengah kerumunan.

Teriakan-teriakan petugas hingga pedagang agar warga bisa menjaga jarak tak dihiraukan. Mereka lebih terterik melihat atau mendengar ajakan untuk memborong sejumlah produk dengan harga miring. Tak sedikit pula anak-anak yang juga terpaksa larut dalam kerumunan bersama para orangtuanya.

Akibat penuhnya Pasar Tanah Abang ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama TNI/Polri turun tangan. Mereka menggelar razia di seluruh area pasar. Personel TNI hingga Brimob Polri bersenjata turun menyeruak di antara pengunjung untuk memperingatkan mereka.

Beberapa di antaranya bahkan ada yang diminta pulang karena kondisi sudah begitu padatnya di Tanah Abang. Sekretaris DKI Jakarta Marullah Matali menyebut pengunjung di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Sabtu (1/5/2021) kemarin, hampir 200 persen dari kapasitas.

Hal ini kemudian yang melandasi Pemerintah Provinsi DKI dan aparat gabungan TNI-Polri perlu melakukan giat penegakan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 di Tanah Abang sekitarnya. “Informasi yang kami dapat dari Direktur Pasar Jaya bahwa kasus yang kemarin Sabtu saja sudah hampir 200 persen dari kapasitas Pasar Tanah Abang,” kata Marullah dalam apel di Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Minggu.

Marullah menyebut, banyaknya pengunjung di Pasar Tanah Abang membuat petugas, khususnya Satgas Covid-19, kewalahan. “Kendalanya banyak orang. Meskipun di pasar itu sebenarnya ada Gugus Tugas Covid-19, tetapi Gugus Tugas Covid-19 yang terpasang tidak seimbang dengan jumlah pengunjung,” kata dia.

 

Written by: indikaFM

Rate it

Previous post

TikTok Umumkan CEO Baru

Technology

TikTok Umumkan CEO Baru

Pada akhir Agustus 2020 lalu, Chief Executive Officer (CEO) TikTok Kevin Mayer resmi mengundirkan diri karena tekanan dari pemerintahan Donald Trump yang menganggap aplikasi TikTok sebagai ancaman keamanan nasional. Sejak itu posisi CEO TikTok dijabat untuk sementara waktu (interim) oleh Vanessa Pappas yang sebelumnya menakhodai bisnis operasi TikTok di Amerika Utara, Australia, dan Selandia Baru. Pekan ini, CEO ByteDance yang merupakan induk dari TikTok, Yiming Zhang, menunjuk CEO TikTok. Ia […]

todayMay 3, 2021 7

Post comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0%
Indika FM

FREE
VIEW