Kumparan News

Penyebab BOR RSD COVID-19 Wisma Atlet Berhasil Turun 50%

todayFebruary 16, 2021 18

Penyebab BOR RSD COVID-19 Wisma Atlet Berhasil Turun 50%
share close
Penyebab BOR RSD COVID-19 Wisma Atlet Berhasil Turun 50%
Foto aerial suasana Wisma Atlet Pademangan di Jakarta, Minggu (27/9). Foto: Muhammad Adimaja/ANTARA FOTO

Tingkat keterisian tempat tidur atau Bed occupancy rate (BOR) RSD Wisma Atlet di Kemayoran berhasil turun ke angka 50%. Namun angka ini hanya menghitung pasien bergejala yang dirawat, karena RSD Wisma Atlet dalam beberapa waktu lalu tak merawat para OTG.

Kepala Sekretariat RSD Wisma Atlet, Kolonel Laut (K) dr RM Tjahja Nurrobi, mengatakan, penurunan okupansi ini berhasil dilakukan karena adanya peningkatan kapasitas tempat tidur untuk pasien bergejala.

“Pada saat awal dari antisipasi terjadinya lonjakan itu ada kebijakan Kemenkes untuk tingkatkan jumlah tempat tidur terutama yang ICU,” kata Nurobbi dalam diskusi virtual di BNPB, Selasa (15/2).

Penyebab BOR RSD COVID-19 Wisma Atlet Berhasil Turun 50% (1)
Pemeriksaan berkas pasien COVID-19 saat tiba di IGD Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19, Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Kamis (10/9). Foto: Galih Pradipta/Antara Foto

Nurobbi mengatakan, berkat penambahan kapasitas ini, pasien kritis mendapat akses pengobatan lebih cepat.

“Nah dari sana pasien-pasien yang RS Wisma Atlet yang kritis, yang tadinya susah untuk dirujuk itu jadi mudah,” jelasnya.

Nurobbi menjelaskan, penurunan BOR RSD Wisma Atlet sudah mulai terjadi sejak 24 Januari. Terlebih dengan adanya PPKM, akhirnya BOR bisa semakin menurun.

“Sebenernya pada 24 Januari sudah mulai menurun di RSDC. Ditambah dengan ada PPKM ini sudah mulai turun dan hari ini pun tingkat hunian, BOR sudah hampir 50 persen. Itu untuk pasien-pasien bergejala,” jelasnya.

Atas kondisi ini, dalam waktu dekat RSD Wisma Atlet akan kembali merawat para OTG seperti sebelum-sebelumnya. Termasuk para OTG yang masih dirawat di Wisma Atlet bagian Pademangan akan dirawat di RSD Wisma Atlet Kemayoran.

Written by: Kumparan

Rate it

Previous post

Potret Wajah Lebam Nindy Ayunda Usai Jadi Korban KDRT Suaminya

Kumparan Entertainment

Potret Wajah Lebam Nindy Ayunda Usai Jadi Korban KDRT Suaminya

Penyanyi Nindy Ayunda saat memberi keterangan soal rumah tangga nya di kantor Komnas Perempuan, Jakarta, Selasa, (16/2/2021). Foto: Ronny Setelah sempat bungkam, penyanyi Nindy Ayunda akhirnya buka suara soal permasalahan rumah tangganya dengan Askara Parasady Harsono. Ia mengaku sudah mengalami tindak KDRT dari suaminya sejak awal menikah. Hari ini, Selasa (16/2) pelantun lagu Buktikan itu menggelar konferensi pers di kantor Komnas Perempuan. Nindy Ayunda membawa sejumlah bukti berupa beberapa foto […]

todayFebruary 16, 2021 26

Post comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


0%
Indika FM

FREE
VIEW