News

Polda Metro Jaya Amankan 115 Travel Gelap Nekat Angkut Pemudik

todayApril 30, 2021 6

Polda Metro Jaya Amankan 115 Travel Gelap Nekat Angkut Pemudik
share close

Ditlantas Polda Metro Jaya bersama Dinas Perhubungan menyeleksi ketat kendaraan yang meninggalkan DKI Jakarta. Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, dari 27-28 April 2021 berhasil mengamankan 115 kendaraan travel gelap.

“Dari kegiatan dua hari kami amankan 115 kendaraan bermotor dengan rincian minibus atau elf 64 unit dan mobil penumpang perorangan sejumlah 51 unit,” katanya di Polda Metro Jaya, Kamis (29/4).

Dia menerangkan, travel gelap berencana mengantarkan penumpang dari Jakarta menuju ke Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat serta Lampung. Mereka terjaring di jalan arteri dan jalur-jalur tikus yang sudah dipetakan sebelumnya.

“Yang kami tindak tidak hanya kendaraan yang tidak memiliki izin trayek artinya kendaraan plat hitam yang angkut penumpang dengan cara berbayar tetapi juga kendaraan yang menyimpang dari trayeknya. Jadi ada kendaraan plat kuning yang punya izin angkut mengangkut orang tapi izinnya tidak di Jakarta. Misalnya di Bandung, Cilacap tapi angkut penumpang dari Jakarta,” ujarnya.

Sambodo mengungkapkan, pengelola travel gelap dikenakan Pasal 308 Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Di samping itu, Ditlantas Polda Metro Jaya juga akan menahan kendaraan travel gelap untuk sementara waktu sampai lebaran tiba.

“Nanti pelaksanaan sidang tilangnya itu setelah lebaran, sehingga, mau tidak mau nanti keluarnya barang-barang ini setelah mereka menyelesaikan proses tilangnya mengikuti sidang tilang yaitu setelah lebaran,” jelasnya.

Sedangkan, penumpang diboyong ke Terminal Kalideres dan Kampung Rambutan untuk melanjutkan perjalanan ke kampung halaman.

“Kenapa di terminal, karena kalau di terminal ketika mereka berangkat mereka harus menjalani swab atau gnose sehingga kemudian bagi yang non-reaktif barulah bisa melanjutkan perjalanan,” tutupnya.

Written by: indikaFM

Rate it

Previous post

Lion Air Buka Lagi Penerbangan Jakarta-Wuhan

News

Lion Air Buka Lagi Penerbangan Jakarta-Wuhan

Jalur penerbangan dari Jakarta menuju Wuhan, China, pergi-pulang ternyata sudah dibuka lagi untuk memberikan pelayanan kepada para penumpang. Rute itu dibuka setiap Senin. Dikutip dari Antara, Rabu (28/4/2021), jalur penerbangan Jakarta-Wuhan pergi pulang itu dilayani oleh maskapai Lion Air dengan menggunakan pesawat Boeing 737-900. Mengutip data dari situs pemantau pergerakan pesawat, pesawat dengan nomor penerbangan JT-2619 berangkat dari Jakarta pukul 06.20 WIB dan tiba di Wuhan pada pukul 12.25 WIB. […]

todayApril 30, 2021 7

Post comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0%
Indika FM

FREE
VIEW