Kumparan News

Polisi Tetapkan 6 Tersangka dari 10 Pelaku Pengeroyokan di Bantul

todayFebruary 15, 2021 15

Polisi Tetapkan 6 Tersangka dari 10 Pelaku Pengeroyokan di Bantul
share close
Polisi Tetapkan 6 Tersangka dari 10 Pelaku Pengeroyokan di Bantul
Konferensi pers kasus pengeroyokan remaja di Bantul. Foto: Erfanto/Tugu Jogja

Tiga orang remaja pelaku pengeroyokan (klitih) akhirnya berhasil diamankan oleh jajaran Sat Reskrim Kepolisian Resor (Polres) Bantul. Kendati demikian, polisi masih memburu tiga remaja lain yang juga turut melakukan pengeroyokan dan penganiayaan terhadap Raka Yoga Pratama (17). Korban dikeroyok pelaku setelah mengisi bensin di sekitar Jalan Samas, Kalurahan Palbapang, Kapanewon/Kabupaten Bantul.

Kapolres Bantul, AKBP Wachyu Tri Budi Sulistyono menjelaskan sebenarnya jajaran Sat Reskrim Polres Bantul telah mengamankan 10 remaja dalam kasus pengeroyokan di dekat Pom Bensin Palbapang. Namun pihaknya hanya menetapkan 6 orang sebagai tersangka.

“Lainnya sebagai saksi. Dan masih ada 3 remaja lagi yang kita kejar,” ujar Wachyu, Senin (15/2/2021).

Wachyu mengatakan peristiwa tersebut sebenarnya terjadi pada Minggu (31/1/2021). Pelaku menyerang korban sekitar pukul 03.00 WIB ketika berpapasan dengan rombongan pelaku. Akibat peristiwa tersebut, korban mengalami luka di tubuhnya.

la menjelaskan, peristiwa pengeroyokan tersebut berawal dari salah seorang pelaku yang mendapat tantangan dari musuh melalui Instagram. Satu remaja yang tersulut mencari penantang tersebut dan mengajak temantemannya yang berjumlah 10 orang.

Ketika di Jalan Samas tepatnya di sekitar Pom Bensin Palbapang, rombongan pelaku ini mengira korban adalah musuh yang menantang lewat Instagram. Selanjutnya korban yang hanya sendirian dikeroyok dengan cara ditebas menggunakan benda tajam jenis celurit.

Polisi lantas melakukan penyelidikan beberapa saat setelah mendapat laporan dari korban. Dalam penyelidikan, polisi mendapat satu petunjuk yang mengarah ke beberapa pelaku. Tim opsnal kemudian bergerak mencari keberadaan para pelaku pengeroyokan tersebut.

“Tiga pelaku kami tangkap di lokasi yang berbeda,” ungkapnya.

Tiga pelaku yang berhasil diamankan adalahFNP dan MZT, keduanya diringkus pada tanggal 10 Februari 2021. Sementara WN diamanakan pada hari selanjutnya yakni 11 Februari 2021. Ketiga remaja yang berhasil diamankan tertangkap di rumahnya yang masih berada di wilayah Bantul.

“Untuk tiga pelaku lain, masih DPO dan masih kami cari petunjuk untuk menangkapnya. Tiga pelaku lainnya yakni JN (19), HS (18) serta C (19) masih dalam pengejaran,” kata dia.

Wachyu mengaku jika senjata tajam berupa celurit masih belum ditemukan. Pasalnya dari keterangan 3 tersangka, celurit dibuang di sekitar aliran sungai yang ada di SMA 1 Pandak. Berdasarkan pengakuan pelaku, ada dua celurit yang digunakan untuk melukai korban.

Meski tak mendapatkan celurit yang digunakan pelaku saat menyerang korbannya di Pom Bensin Palbapang, polisi mengamankan satu buah celurit lain yang dimiliki WN. Pelaku inisial WN ini sempat viral di media sosial mengacungkan celurit di cctv wilayah Bantul.

“Itu kami amankan celuritnya. Tapi celurit itu bukan untuk melukai korban di pom bensin Palbapang,” terang Wachyu.

Selain meringkus 3 pelaku, polisi juga mengamankan barang bukti antara lain, tiga buah jaket yang digunakan pelaku. Dua buah helm, tiga kaos dan celana panjang milik ketiga pelaku. Selain itu dua sepeda motor matik milik para pelaku juga turut dibawa petugas sebagai barang bukti.

la menjelaskan para pelaku akan dikenai pasal 170 ayat 2 ke-1 atau 351 Jo 55 KUHP tentang Pengeroyokan. Ancaman hukuman penjara paling lama 7 tahun atau 2 tahun paling sedikit. Kendati pelaku masih dibawah umur proses hukum mengikuti UU Perlindungan Anak.

“Tapi karena mereka masih di bawah umur, pelaku akan mengikuti proses hukum sesuai UU Perlindungan anak,” tutur Wachyu.

Written by: Kumparan

Rate it

Previous post

Begini Kondisi Terkini Ashanty dan Ketiga Anaknya Usai Positif COVID-19

Kumparan Entertainment

Begini Kondisi Terkini Ashanty dan Ketiga Anaknya Usai Positif COVID-19

Penyanyi Ashanty saat memberikan keterangan pers dikawasan Jagakarsa, Jakarta, Selasa, (9/2/2021). Foto: Ronny Anang Hermansyah menyampaikan kondisi terkini mengenai istrinya, Ashanty, dan ketiga anaknya, yakni Aurel, Azriel, serta Arsy yang positif COVID-19. Anang Hermansyah mengatakan keluarganya kini menjalani isolasi mandiri. “(Kondisi Ashanty dan ketiga anak) Baik ya. Lagi isolasi mandiri,” kata Anang Hermansyah saat dihubungi kumparan, Senin (15/2). Ashanty dan Aurel Hermansyah. Foto: Maria Gabrielle Putrinda/kumparan Informasi mengenai Ashanty beserta […]

todayFebruary 15, 2021 61

Post comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


0%
Indika FM

FREE
VIEW