Kumparan News

Prof Wiku soal Penolakan Vaksin Sinovac: Pemerintah Ingin Lindungi Masyarakat

todayJanuary 14, 2021 2

Prof Wiku soal Penolakan Vaksin Sinovac: Pemerintah Ingin Lindungi Masyarakat
share close
Souce : Kumparan.com
Prof Wiku soal Penolakan Vaksin Sinovac: Pemerintah Ingin Lindungi Masyarakat
Prof Wiku Adisasmito. Foto: BNPB

Vaksinasi corona perdana telah digelar Rabu (13/1) kemarin. Meski demikian, masih banyak masyarakat yang meragukan khasiat vaksin corona Sinovac, meski Emergency Use Authorization (EUA) telah dikeluarkan oleh BPOM dan fatwa halal dikeluarkan MUI.

Terkait hal ini, jubir Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menegaskan saat ini Indonesia sedang menghadapi pandemi, yang berarti sedang menghadapi virus yang tidak kelihatan. Ia menegaskan keputusan pemerintah menggunakan vaksin Sinovac adalah demi keselamatan masyarakat.

“Ketika kita berhadapan dengan pandemi, kita berhadapan dengan virus dan bukan peraturan pemerintah, dan peraturan pemerintah ingin melindungi masyarakat,” tegas Prof Wiku saat memberikan keterangan pers, Kamis (14/1).

Prof Wiku soal Penolakan Vaksin Sinovac: Pemerintah Ingin Lindungi Masyarakat (1)
Petugas medis menyuntikan vaksin corona Sinovac kepada tenaga kesehatan di RS Siloam, Jakarta, Kamis (14/1). Foto: Aditia Noviansyah/kumparan

Wiku mengatakan, dalam situasi pandemi seperti ini, pemerintah harus memastikan keselamatan masyarakat agar aktivitas dapat kembali berjalan seperti biasa. Oleh karena itu, masyarakat diminta memahami pentingnya vaksinasi demi membentuk herd immunity.

“Kita tidak punya banyak pilihan dan kami ingin memastikan masyarakat paham bahwa kita harus bergerak ke depan karena kita ingin melanjutkan kehidupan. Dan itulah mengapa masyarakat harus memahami pentingnya herd immunity dalam program vaksinasi ini,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, pemerintah memesan jutaan dosis vaksin dari berbagai produsen untuk memenuhi kebutuhan dosis vaksin masyarakat Indonesia. Vaksin corona Sinovac sudah digunakan dalam vaksinasi tahap awal dan distribusinya ke sejumlah daerah masih terus dilakukan.

Written by: Kumparan

Rate it

Previous post

Raffi Ahmad Ungkap Alasan Tak Pakai Masker saat Hadiri Pesta Usai Divaksin

Kumparan Entertainment

Raffi Ahmad Ungkap Alasan Tak Pakai Masker saat Hadiri Pesta Usai Divaksin

Raffi Ahmad. Foto: Instagram/@raffinagita1717 Presenter Raffi Ahmad tidak memakai masker saat menghadiri suatu acara pesta. Padahal, ia baru saja disuntik vaksin COVID-19 pada Rabu (13/1) pagi. Mengenai Raffi Ahmad yang tidak memakai masker diketahui dari foto yang beredar di media sosial. Lewat unggahan di akun Instagramnya, pria 33 tahun itu memberikan klarifikasi terkait hal tersebut. “Intinya, semalam itu bukan di tempat umum, tapi memang di rumah pribadi salah satu ayahnya […]

todayJanuary 14, 2021 2

Post comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0%