IndikaFM

Wagub DKI Ingatkan Sanksi Jika Warga Tolak Divaksin : Denda Rp 5 Juta

todayJanuary 5, 2021 12

Wagub DKI Ingatkan Sanksi Jika Warga Tolak Divaksin : Denda Rp 5 Juta
share close

Pemprov DKI Jakarta akan mulai melakukan vaksinasi COVID-19 pada pekan kedua dan ketiga Januari 2021, dengan kelompok prioritas tenaga kesehatan. Saat ini, sudah tersedia 39.200 dosis vaksin yang disimpan di Dinas Kesehatan DKI.

Bagi warga yang sudah menerima SMS blast sebagai penerima vaksin, diingatkan lagi agar wajib melakukan vaksinasi, jika ada yang menolak vaksinasi maka bisa dijatuhi sanksi pidana sesuai dengan Perda DKI tentang Penanggulangan COVID-19.

“Sesuai dengan Kepmenkes No HK.01.07/MENKES/12757/2020 Masyarakat yang mendapatkan pemberitahuan melalui Short Message Service (SMS) Blast wajib mengikuti pelaksanaan vaksinasi COVID-19,” ujar Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria melalui keterangannya, Selasa (5/1).

“Oleh karena itu, pemberian sanksi karena menolak divaksinasi sesuai Perda COVID dapat dilakukan bagi yang menolak divaksin, bagi yang memenuhi kriteria penerima vaksin,” tambahnya.

Namun, penerima SMS blast bisa jadi gugur sebagai penerima vaksin jika tak memenuhi kriteria penerima vaksin. Misalnya. ternyata warga yang sudah terdaftar memiliki penyakit komorbid, maka tak akan bisa disuntikkan vaksin.

“Pengecualian bagi masyarakat yang tidak memenuhi kriteria penerima vaksin COVID-19, sesuai dengan indikasi vaksin COVID-19 yang tersedia,” jelasnya.

Sesuai dengan Perda DKI Nomor 2 Tahun 2020 tentang Penanggulangan COVID-19, warga yang menolak vaksin bisa dikenakan pidana berupa sanksi denda maksimal Rp 5 Juta.

Berikut bunyi pasal sanksi denda bagi orang yang menolak vaksinasi di Jakarta sesuai Perda Nomor 2 Tahun 2020:

BAB X

KETENTUAN PIDANA

Pasal 30

Setiap orang yang dengan sengaja menolak untuk dilakukan pengobatan dan/atau vaksinasi Covid-19, dipidana dengan pidana denda paling banyak sebesar Rp5.000.000,00 (lima juta rupiah).

Source : Kumparan.com

Written by: indikaFM

Rate it

Previous post

Events

My Mom My Inspiration 2020 Diramaikan Oleh 103.000 Penonton 

Sumber: kumparan.com My Mom My Inspiration 2020 Persembahan KumparanWOMAN dan KumparanMOM yang diadakan untuk memperingati hari ibu secara online pada tanggal 21-22 Desember 2020 kemarin diramaikan oleh 103.528 penonton. Pada hari pertama, acara yang diselenggarakan melalui www.kumparan.com ini dihadiri oleh mantan Menteri Kelautan dan Perikanan yang memberikan opening remarks dan turut serta dalam memberikan ucapannya bagi para perempuan dan ibu di seluruh Indonesia. foto : dok. Kumparan Menurut Fitria Sofyani, Chief […]

todayDecember 24, 2020 118

Post comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


0%
Indika FM

FREE
VIEW